Kamis, 05 Juli 2012

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sekarang sudah memasuki nisfu sya'ban (pertengahan bulan sya'ban), itu artinya tak lama lagi kita akan memasuki bulan ramadhan.
Tinggal menghitung hari.
Inshallah dua minggu lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah.
Bulan yang suci.
Bulan di mana umat muslim berlomba-lomba mencari kebaikan sebanyak-banyaknya.
Bulan yang senantiasa kita nanti-nantikan sejak sebelas bulan yang lalu.
Semoga kita termasuk umat yang turut merindukan bulan ramadhan. Amin.

Dengan semakin mendekatnya ramadhan, apa yang perlu kita persiapkan?
Dari hasil mentoring perdana dengan Mas Adri, beliau menuturkan bahwa dibutuhkan 5 bekal untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan puasa agar ibadah semakin powerfull.
5 hal tersebut adalah:
  1. fisik
  2. ruhani
  3. ilmu
  4. infak
  5. missing link
Persiapan fisik dilakukan dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama bulan ramadhan. Hal-hal yang perlu dilakukan diantaranya olahraga rutin setiap hari. Tidak perlu berat, stretching ringan sudah cukup.

Persiapan ruhani meliputi pembiasaan-pembiasaan yang dapat nelatih kita agar ibadah yang kita lakukan selama ramadhan bisa istiqomah. Diantaranya adalah dengan meningkatkan intensitas membaca Al-Quran selama bulan Sya'ban agar semangat yang kita pasang ketika ramadhan tidak menjadi semangat fajar (semangat ibadah hanya pada 7 hari pertama).

Ilmu atau wawasan tentang bulan ramadhan serta seluk beluknya penting untuk kita persiapkan guna menghindarkan kita dari kesia-siaan selama bulan ramadhan. Karena bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah, maka sudah seharusnya kita memanfaatkan momen ini untuk memetik faedah dan wawasan keagamaan sebanyak-banyaknya.

Mempersiapkan infak tidak melulu tentang seberapa jumlah uang (harta) yang perlu kita siapkan untuk membantu sesama. Tetapi lebih kepada bagaimana menggunakan harta yang dimiliki untuk menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya. Misalnya dengan uang beberapa ratus rupiah, kita tak perlu melu untuk menginfakkannya. Dengan membelikan air mineral dan membagikannya pada PPT (Para Pencari Takjil) di masjid-masjid, kita sudah mendapatkan banyak pahala, Inshallah.
Ingat sabda Rasulullah SAW,
“Barangsiapa memberi makan berbuka orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa dan pahala orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikit pun.” (HR Tirmidzi)

Ada satu lagi hal lagi yang perlu dipersiapkan oleh umat muslim menjelang datangnya bulan ramadhan. Namun sayang sekali saya lupa, karena pada saat Mas Adri sedang memberikan taujih, saya agak mengantuk. Jadi kurang konsentrasi. :P
Inshallah nanti kalo ingat akan segera saya tambahkan.



Share

0 comments:

Posting Komentar

Beritahu saya apa yang Anda pikirkan tentang tulisan ini... :)