Minggu, 19 Juni 2011

8 Resep Sukses a la FLATWLAC

Cover Buku FLATWLAC
Banyak sekali buku yang memberikan resep atau kiat-kiat untuk meraih kesuksesan. Beberapa di antaranya memaparkan dengan cara yang terlalu muluk dan normatif sehingga sulit untuk dipahami maksudnya. Berbeda dengan buku yang muluk tersebut, Fight Like A Tiger Win Like A Champion mampu memberikan gambaran secara gamblang dan taktis bagaimana membuat sebuah pribadi yang siap untuk menjadi sukses. Cara penyampaian maksud yang sederhana serta disertai dengan cerita-cerita ringan namun pas membuatnya sangat nikmat ketika dibaca.

Buku ini adalah buku motivasi yang kali pertama aku baca habis dalam waktu kurang dari satu minggu. Itupun pada saat aku punya banyak tugas kuliah. Padahal aku termasuk orang yang minat bacanya rendah. | Wah berarti buku ini bagus dong? | Yup, bener banget. Buku ini layak dijadikan recommended book bagi para mahasiswa yang hendak meniti karir, apalagi yang pengen belajar menjadi enterpreneur. Kalo gak percaya baca aja 10 halaman pertama, aku yakin kawan-kawan bakal ketagihan. ;)

Buku FLATWLAC (karena judulnya yang panjang jadi disingkat aja ya nulisnya, capek nich.. heheh) ini, menurutku, bukan hanya mengajarkan tentang arti kesuksesan dalam hal finansial melainkan juga sukses dalam segala hal. Sukses dalam hidup. Kita sebagai mahasiswa pun bisa memetik pelajaran dari buku ini untuk kemudian diaplikasikan dalam kehidupan kampus yang berkaitan dengan akademis atau organisasi. Tentunya kita semua berharap bisa sukses untuk kedua-duanya bukan?

Ada satu hal yang selalu ditekankan dalam buku ini, mulai dari bagian pendahuluan hingga bagian penutup. Bahwa tidak ada kesuksesan yang INSTAN. Tidak ada jalan pintas. Bahwa kesuksesan berawal dari tekad yang kuat dan kerja keras sebagai tindakan nyata untuk mencapainya.
Secara garis besar buku, karangan Darmadi Darmawangsa, ini menjabarkan 8 resep untuk menjadi Champion (sebutan untuk orang sukses dalam bahasa author). Kedelapan resep itu adalah:

#1 Positive Attitude
Semua berawal dari sini. Positive attitude (PA) seringkali dihubungkan dengan positive thinking (PT), padahal sebenarnya tidaklah seperti itu. PT hanya merupakan salah satu ciri dari PA. PA di sini diartikan sebagai sikap yang kita ambil terhadap suatu problem. Bagaimana mengubah suatu kondisi yang amat tidak menyenangkan menjadi suatu kondisi yang sebaliknya. Bagaimana cara pandang yang baik atas suatu problem sehingga kita tetap bisa struggle. Semua dibahas di bab ini.

#2 Belief
Adalah keyakinan yang mendarah-daging dalam diri kita. Dengan memiliki belief, kita akan menjadi seorang visioner. Orang yang berpandangan jauh ke depan. Orang yang mampu membaca setiap peluang didasarkan pada target dan kemampuan. Keyakinan yang mendalam adalah yang dibarengi dengan tindakan nyata.

#3 Goal
Merupakan suatu hal yang bisa menuntun kita menuju sukses yang diharapkan. Goal adalah jalan yang harus kita tentukan sendiri dalam rangka menggapai  kesuksesan yang sejati.

#4 Failures
Kegagalan selalu terlihat seperti momok yang membuat kita kapok untuk mencoba lagi hal yang sama. Tapi kenyataannya adalah sebaliknya. Gagal mencetak seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan kombinasi sikap positif lainnya maka akan dapat mengubah kegagalan menjadi kesuksesan. Lihat saja bukti otentiknya, di mana orang yang kesuksesannya langgeng pastilah mereka yang dulunya pernah gagal berulang-ulang.
KFC-nya Kolonel Harland Sanders, Ford-nya Pak Henry Ford, lampu bohlam Bang Thomas A. Edison, gambar kartunnya Si Walt Disney setidaknya bisa memberikan gambaran kepada kita bagaimana kegagalan telah mendidik seseorang menjadi The Real Champion. Mereka semua bisa seperti yang kita kenal sekarang setelah menempuh perjalanan panjang yang penuh kegagalan. So, belajarlah dari kegagalan!

#5 Motivation
Sesuatu yang harus ada padi diri setiap orang. Sesuatu yang tidak boleh hilang. Karena hanya dengan motivasi inilah sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

#6 Awareness
Artinya kesadaran. Kesadaran akan keadaan di sekitar kita yang bisa dijadikan peluang.

#7 Integrity
Suatu hal yang membuat seseorang yang "besar" terlihat lebih besar. Contoh yang paling gampang adalah dengan ilustrasi berikut.
Ada seorang karyawan yang tidak pernah naik gaji selama 5 tahun dia bekerja di perusahaannya. Lalu ada karyawan baru yang masuk dan setelah 6 bulan dia bekerja langsung dapat kenaikan gaji. Apa yang membuat hal ini bisa terjadi?
Ternyata karyawan lama berpikir bahwa gaji besar akan mempengaruhi gaya bekerja yang lebih profesional.
Sedangkan karyawan baru berpikir bahwa cara bekerja yang all-out akan memberikan hasil maksimal, gaji urusan belakangan.
Tahu bedanya kan??
Karyawan lama: Gaji besar >> bekerja profesional. | Failed
Karyawan baru: Bekerja profesional >> Gaji besar. | Success 

#8 Consistent and Persistent
Merupakan kunci dari semua resep yang ada. Yang ada di sini hanyalah ACTION.
Ketujuh poin yang disebutkan di awal hanyalah penunjang. Jika tidak ada , tidak akan jadi masalah.
Konsistensi dan kegigihan adalah senjata ampuh untuk meraih kesuksesan. Bila ingin sukses, syarat ini mutlak dimiliki.


Terakhir, author buku tersebut memberikan ilustrasi dengan sangat apik.
Hidup ini bagaikan orang yang sedang naik mobil, di mana... 
positive attitude sebagai setir/kendali mau ke mana mobil bergerak; 
goal sebagai peta yang dapat memberikan arahan secara jelas jalan mana yang harus ditempuh untuk bisa sampai tujuan; 
failure sebagai kaca spion; dan 
consistent and persistent sebagai pedal gas yang membuat mobil bergerak sewaktu-waktu. Tanpa diinjak atau ditekan (ACTION) maka mobil tak akan pernah bisa berjalan.

Ya, semuanya itu baru sedikit saja yang bisa aku sampaikan dari hasil membaca buku FLATWLAC. Masih ada banyak hal yang belum terwakili dari resensi ini. Oleh karenanya saya sarankan kawan-kawan untuk membacanya sendiri agar ilmu yang diserap bisa lebih nancep. Tapi berhubung ebook-nya juga susah untuk didapat jadi mau gak mau harus beli atau pinjam. So, selamat berburu buku yaa. hehehe Share

2 comments:

Asri Alfa mengatakan...

wah, boleh nih baca buku ini,
tks rekomendasinya..=)

Unknown mengatakan...

Boleh bangeet... :D

Posting Komentar

Beritahu saya apa yang Anda pikirkan tentang tulisan ini... :)